Bagi Pemilik UKM, Begini Cara Memanfaatkan Pameran Untuk Meningkatkan Branding Dan Penjualan
Category : Bisnis Online , Tips
Sboplaza.com – Bagi
pemilik bisnis skala usaha kecil menengah atau UKM, kegiatan pameran
dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk melakukan aktivitas promosi yang
potensial. Selain menjadi upaya untuk mengenalkan produk, diharapkan
nantinya dapat menjadi pelanggan berkelanjutan. Itu sebabnya pameran UKM
selalu banyak diikuti oleh khususnya pengusaha UKM itu sendiri.
Mengingat betapa menggiurkannya
keuntungan yang bisa didapat dalam pagelaran pameran. Lalu bagaimana
cara memanfaatkan pameran sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas
branding dan penjualan?
1. Lihat tema pameran yang diselenggarakan
Sebagai pemilik usaha kecil menengah,
meneliti tema pameran yang hendak diikuti menjadi suatu kewajiban yang
perlu Anda penuhi. Jangan sampai Anda mengikuti pameran yang tidak
sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Bila bisnis Anda bergerak di
bidang fashion dan retail maka tema pameran yang wajib Anda ikuti adalah
tema pameran produk local atau fashion.
2. Lihat event organizer penyelenggar dan telusuri pengalamannya
Saat ini pameran yang merangkul
pengusaha UKM banyak diselenggarakan. Untuk menarik perhatian unit
usaha, pihak penyelenggara seringkali menawarkan beragam keunggulan baik
dari segi fasilitas maupun harga. Akan tetapi, tidak jarang pameran
seringkali berakhir dengan kekecewaan yang harus diterima oleh para unit
usaha yang bergabung akibat dari pola manajemen event organizer yang
jauh dari kata baik.
Untuk itu, sangat penting bagi Anda
selaku pebisnis UKM untuk dapat menelusuri pengalaman event organizer
dalam menyelenggarakan suatu kegiatan. Karena semakin banyak event yang
pernah ditangani, semakin baik dan terstrukturlah pula pameran yang akan
dijalankan nantinya. Sehingga Anda tak perlu merasakan kebimbangan lagi
saat mengikuti pameran.
3. Lihat lokasi dimana pameran akan diselenggarakan
Lokasi adalah komponen penting yang
perlu diperhatikan dalam berbisnis. Karena lokasi yang strategis tentu
akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis yang dijalani. Sebelum
Anda mengikuti pameran, pastikan bahwa lokasi pameran tersebut
diselenggarakan di tempat yang strategis. Dengan begitu, potensi
kunjungan pameran akan lebih banyak mengingat tempat yang strategis
tentu akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berkunjung ke
lokasi pameran.
Dan apabila Anda hendak memilih lokasi
stand di pameran. Pastikan bahwa stand yang Anda pilih memiliki lokasi
yang strategis, memiliki view yang luas dan mudah dilihat dengan jelas.
Sebagai rekomendasi, lokasi stand bisa berada di area pintu masuk, di
persimpangan dan di tempat yang banyak dilalui orang – orang.
4. Lengkapi alat – alat promosi
Saat Anda berupaya untuk mengikuti
pameran. Sangat penting bagi Anda untuk melengkapi stand Anda dengan
atribut promosi yang dibutuhkan. Seperti spanduk, souvenir, stand
banner, pamphlet, sample produk atau bahkan Anda juga dapat
melengkapinya dengan TV LCD yang diisi dengan iklan produk Anda. Sebagai
bahan untuk memfollow-up konsumen, Anda dapat menyediakan form
kunjungan konsumen. Sehingga data tersebut nantinya dapat digunakan
untuk menghubungi konsumen.
Demikianlah cara memanfaatkan pameran sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas branding dan penjualan.
Semoga informasi yang kami tawarkan untuk Anda dapat memberikan
pencerahan bagi Anda yang ingin memanfaatkan pameran sebagai moment
berharga untuk meningkatkan penjualan dan branding.
http://sboplaza.com/tag/konsep-bazar-yang-menarik/
0 komentar:
Posting Komentar